Cara Merawat Gitar AkustikCara Merawat Gitar Akustik

Selasa, Mei 21, 2013

Cara Merawat Gitar Akustik

Cara Merawat Gitar Akustik


Gitar akustik adalah instrument musik yang paling dasar dan paling populer yang pernah ada di dunia,jumlah penggemar dan pemiliknya pun bisa bilang tidak sedikit bahkan sangat banyak.

Harga yang cukup terjangkau serta efektivitas yang tinggi, baik itu dalam segi bermusik maupun dalam segi kefleksibilitasnya terhadap tempat dan waktu, merupakan faktor yang menjadikan Gitar akustik ini sangat di gandrungi oleh para musisi-musisi baik yang sudah profesional maupun yang masih pemula.

Namun perlu diingat, instrument yang sebagian besarnya terdiri dari bahan kayu ini juga membutuhkan perawatan yang tepat agar kualiatas suara yang dihasilkanya bisa tetap pada performa terbaiknya serta dari segi tampilan tetap terjaga  keindahan dan keelegananya.Dan berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merawat gitar akustik kita :


1. Selalu meletakan Gitar akustik kita pada tempat yang benar.

Pastikan gitar akustik kita selalu diletakan pada suatu tempat yang dapat memposisinya dalam keadaan yang aman dan benar. Salah-salah dalam meletakan gitar akustik kita takutnya kemungkinan terjadi akan hal-hal yang tidak di inginkan seperti lecet,terbanting bahkan patah pada bagian tertentu itu sangat rentan.

Perhatikan beberapa tempat bawah ini yang sebisa mungkin harus kita hindari untuk meletakan Gitar Akustik kita :
  • Hindari menyenderkan gitar kita pada bidang vertikal yang berkontur rata/licin seperti tembok.
  • Jangan pernah sekiranya gitar kita diletakan pada tempat yang tinggi serta memiliki peluang untuk terjatuh cukup besar.
  • jangan biarkan gitar kita tergeletak begitu saja,terutama dilantai.
  • Sebisa mungkin jauhkan dari tempat yang sekiranya lembab dan basah.
Apabila kita sering memainkan Gitar Akustik kita maka penggunaan Stand Gitar sangat di ajurkan dan biasakan setelah selesai bermain letakan kembali gitar akustik kita pada stand gitar seperti semula.

Apabila tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama ada baiknya gitar kita dimasukan kedalam casenya. Baik itu Softcase ataupun Hardcase memiliki fungsi agar gitar kita terjaga dari faktor eksternal seperti debu ,goresan dan guncangan yang bisa merusak gitar kita.


2. Bersihkan gitar kita secara berkala.
 
Faktor terpenting yang menentukan keawetan sebuah gitar akustik ialah bagaimana sang pengguna/pemilik gitar ini rajin merawat dan membersihkan gitar miliknya agar selalu terlihat baik.

Seberapa seringkah kita harus menservis gitar kita ini ? Gak perlu terlalu sering tapi juga usahakan dilakukan secara terjadwal serta berkala dan yang pasti harus benar caranya.


Biasanya keringat pada saat seseorang memainkan gitar sangat mempengaruhi kebersihan gitar akustik,Yang pasti jika gitar akustik kita sudah terlihat tidak enak dipandang, Ya gak perlu lagi lah kita nunggu disuruh dulu baru membersihkanya oke .  
  •  Untuk pembersihan secara berkala/menyeluruh pelepasan senar sangat dianjurkan.
  •  Pilih tatakan yang aman/lembut pada saat melakukan proses pembersihan.
  •  Cukup gunakan lap halus seperti lap kacamata untuk membersihkan keseluruhan gitar kita
  •  Hindari penggunaan zat kimia yang dapat merusak kualiatas dari kayu gitar itu sendiri terkecuali bahan yang sudah terpercaya.
  •  Selain body senar, fretboard, dan bagian lainnya juga harus dibersihkan.


3. Perawatan pada senar dan bagian head (tunner).

Perlu diketahui gitar akustik memiliki dua tipe senar untuk tipe gitar akustik folk biasanya menggunakan string steel sebagai senarnya dan pada gitar akustik classic biasanya menggunakan senar nylon.Kita harus mengetahui perbedaan yang mendasar ini jangan sampai kita tertukar dalam penggunaany

Kendurkanlah senar sekiranya kita tidak akan memainkanya dalam waktu yang lama. Hal ini bertujuan untuk menghindari bengkok pada bagian neck karena tarikan yang cukup kuat dari senar dalam jangka waktu yang lama,kebengkokan ini sering terjadi terutama pada gitar akustik yang belum terpasang trussrod.

Usahakan menggunakan senar yang berkualitas, Yang pasti awet gak cepet putus dan biasanya menghasilkan suara yang bagus. Selalu menambahkan jeda renggang pada senar gitar yang baru di set lalu biarkan beberapa saat, bertujuan agar pada saat di stel/stem nada yang dihasilkan tetap pada posisi yang tepat. Karena biasanya untuk senar yang baru di set belum memiliki kelenturan yang pas.

Untuk bagian head terutama pada bagian gear tunner-set. Jangan sampai terlupakan untuk memberikan pelumas secukupnya. Jangan nunggu sampai aus karenan ribet nanti kalo rusak harus ganti satu setnya.

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

4 komentar

  1. Nice post sob ^_^
    kunjungi balik ya

    BalasHapus
  2. bermanfaat bro, memang kunci merawat gitar itu adalah membersihkannya secara rutin.
    kunbalnya ya ke blog gitar akustik ane gitarel.blogspot.com

    BalasHapus

"Bahasa Merupakan Cerminan Keperibadian Seseorang" ~ Aurion23.blogspot.com

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 Aurion23
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top