Tips Sebelum Membeli Gitar AkustikTips Sebelum Membeli Gitar Akustik

Sabtu, Februari 23, 2013

Tips Sebelum Membeli Gitar Akustik

Tips Sebelum Membeli Gitar Akustik

Kali ini aurion23 akan meberikan sedikit tips mengenai hal-hal apa saja yang perlu di perhatikan sebelum memilih/membeli gitar akustik.

Sebelum anda membeli sebuah barang tidak ada salahnya anda mengetahui secara detail seluk beluk mengenainya agar anda nantinya anda dapat secara cerdas membedakan kualiatas,fungsi serta nilai/ kelebihan sebuah barang agar sesuai dengan kebutuhan anda dan bisa menjadi patokan ketika anda ingin membeli sebuah barang tersebut, tak terkecuali pada saat gitar akustik yang kita taksir. Sehingga tidak akan jadi sesal nantinya karena gitar yang ada beli fals atau tidak sesuai dengan harapan anda.
Berikut beberapa Tips dalam memilih gitar akustik :


1. Ukuran dan bentuk body gitar :

Dari segi ukuran, gitar akustik memiliki varian ukuran yang cukup banyak mulai dari yang kecil hingga yang besar ( Jumbo ). Perbedaan ukuran ini tentunya sangat berpengaruh pada projeksi suara ( suara yang dihasilkan ) dan tonenya. Pada beberapa body terdapat cutway ( potongan pada bagian body gitar ) ada juga yang tidak, kelebihan cutway tentunya adalah mempermudah menjangkau fret-fret tinggi ,tapi konon gitar akustik tanpa cutaway menghasilkan projeksi sound yang lebih bagus.
Dan jenis konstruksinya body gitarnya dapat di bedakan menjadi :

- All Laminated ( Triplex )
Kebanyakan gitar jenis ini belum pake trussrod, jadi kalo necknya bengkok ya nasib.

- Laminated with Solid Top (  bermaterikan kayu dan triplex )
Biasanya udah terpasang trussrod serta diantarannya sudah terpasang preamp.

- All Solid ( keseluruhan bermaterikan kayu )
Range harga gitar semacam ini  pasti jauh diatas gitar-gitar akustik laminated


2.Ukuran neck, fretboard dan jumlah fret pada fretboard.

Pertimbangan lain setelah body adalah bagian neck. Disarankan untuk memilih neck ( leher gitar) yang lurus dan terbuat dari bahan yang kuat serta sudah terpasang trussrod ( besi penyangga  neck agar tetap lurus ). Tebal tipisnya materi neck juga jadi pertimbangan untuk milih gitar akustik. Pastikan neck sesuai dengan genggaman tangan kita.

Fret yang di neck gitar akustik itu berkisar antara 12-14 fret (maksudnya jumlah fret dari headstock sampe batas neck yg tertempel dibody dan banyaknya fret juga dipengaruhi oleh besarnya body). Ukuran neck gitar klasik (nylon) itu lebih lebar dibandingin gitar string steel, karena memang tradisinya seperti itu untuk memfasilitasi teknik fingerstyle tertentu.

Sisanya untuk material neck sama fretboard. Semakin keras material kayu fretboard, semakin bright suara yang dihasilkannya. tapi-tapi sengaruh material kayu body, Yang umum dipake itu rosewood sama ebony.

 

3.  Sound test

Bagian pada saat test sound gitar yang ditaksir, terutama pada middle low-end gitar klasik.Intonasi maksudnya ketepatan nada yg dihasilkan saat kita berpindah fret sepanjang neck.Gitar dengan kualitas pembuatan yang kurang bagus kadang intonasinya diatas fret ke 12 akan terdengar fals. Kalo mau beli yg merknya belum di kenal, ato mungkin custom, dites dulu intonasinya ya!
 
faktor yang patut di cermati seperti warna dan elektronik juga bisa menjadi acuan pilihan anda.
Itulah beberapa tips yang mungkin bisa menjadi referensi anda sebelum anda membeli gitar akustik.Yang pasti cermatlah dalam masalah kualitas dan sesuaikan dengan budget yang anda miliki.
 Dan jangan lupa sebagus apapun gitar yang kita miliki perawatanya harus tetap dinomor satukan agar awet dan selalu terlihat eksotik. Untuk tips dan trik dalam merawat gitar dapat di lihat dipostingan  Bagaimana merawat gitar akustik
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

20 komentar

  1. Izin bookmark artikel ini sob, soalnya keren artikelnya...

    BalasHapus
  2. wah teringat masa-masa lalu gan, waktu suka ngeband.. sudah 2 tahun ini sudah tidak bisa megang gitar lagi,,, karena ketemu blog ini mudah-mudahan saya masih hapal chord-chord guitar,, thanks gan atas kunjungannya ke blog saya, maaf terlambat untuk mampir... link sobat sudah saya pasang di kawan blogger silahkan di cek.. kalau bisa gan text link blog saya yang di blog agan di ganti dan kodenya textnya ada di tukar link pada blog saya.. terima kasih gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh siap boss kemaren ane sibuk jadi belum bisa benah benah blog :)

      Hapus
  3. sebenernya aku suka gitar apa aja yang penting gitar itu suaranya nggak fales tapi kayaknya susah cari gitar yang murah tapi suaranya nggak fales.8-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya mahalnya harga berbanding lurus dengan kualitas barangnya :-P
      nanti saya bikinin review gitar akustik yang recomended deh (o)

      Hapus
  4. makasih tips-tipsnya sob... maklum saya cuma bisa mainin, gak tau mana yang bagus engganya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. dilihat dari playable dong gan..
      kalo gitar bagus yang pasti nyaman di maininya dan suaranya itu loh makjeger...
      apa lagi kalo tampilanya bagus jalan kemana mana bawa tu gitar serasa satria bergitar 8-)

      Hapus
  5. tipsnya oke :-)
    cuman mending pake kata2 sederhana deh biar kita yang baru ngenal gitar ngerti hehe
    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah makasih saranya yah gan.. (c)
      emang gitu gan kalo saya nulis tergantung mood...
      kemaren mungkin nulis tutor ini abis nonton di youtube jadi berasa bule bule gimana gitu :>)

      Hapus
  6. makasih sob artikelnya,gak nyesel baca dulu sebelum beli mataaap (h)

    BalasHapus
  7. Saya barusan beli gitar yamaha G450 di toko gitar. Saya gau ini gitar asli apa aspal yang pasti dari penampilannya sih keren dan solid lah. Udah ada trusrod segala jadi saya pilih tuh gitar. Bodohnya saya saat beli gitat tuh nggak saya stem alias asal main aja. Eh pas nyampe rumah di stem pada ga bener semua nadanya alias fals. Nyari nada yang pas harus stem lama kali. Kira-kira kalo begini bisa diperbaiki ga mas gitarnya :|? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya beli di toko gitar yang besar sudah termasuk surat-surat yang membuktikan kalo gitar yang agan beli itu asli apa nggak. coba aja agan samain no seris gitar agan yang ada di gitar agan sama surat licensenya.

      Kayanya gak perlu deh
      coba agan kesini untuk belajar bagaimana mentune nada gitar
      http://aurion23.blogspot.com/2011/02/belajar-menstemmentuning-gitar.html#.UpYGYVeIbIU
      dan
      http://aurion23.blogspot.com/2011/03/guitar-otuner.html#.UpYGk1eIbIU

      saran saya memang sulit untuk yang baru belajar gitar dalam menyesuaikan nada yang pas buat gitarnya tapi coba dengan bantuan tunner/software tuner yang banyak beredar diinternet semoga bisa membantu agan dalam mencari nada yang pas untuk gitar agan :)

      Hapus
  8. Terimakasih infonya, saya mau tanya nih, kan saya baru kepengen belajar gitar, gitar yg cocok utk pemula sebaiknya yg klasik atau akustik ya? dan jg boleh sekalian diberikan spesifik dr merk dan tipe gitarnya yg cocok utk pemula?

    BalasHapus
  9. Salam kenal semua, bagi penggemar gitar yg ingin mengasah permainan gitar secara lengkap & mengunduh materi utk pemula, blues, jazz silahkan klik www.gitarzoom.blogspot.com

    BalasHapus
  10. wah infonya menarik nih, oya tmn2 klo ada yg mau les gitar ditangerang mampir ya di blog ane"

    http://www.savanamusic.com/

    BalasHapus

"Bahasa Merupakan Cerminan Keperibadian Seseorang" ~ Aurion23.blogspot.com

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 Aurion23
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top