Sistem Operasi jaringanSistem Operasi jaringan

Rabu, Februari 09, 2011

Sistem Operasi jaringan

1.       Jaringan komputer adalah system yang menghubungkan 2 komputer atau lebih yang terpisah hingga dapat bertukar informasi dan data-data agar mempermudah dalam tugasnya.

2.       Manfaat dari jaringan adalah :
·         Tukar-menukar data dapat dilakukan secara        cepat dengan adanya jaringan.
·         Dapat saling berbagi informasi, pemakaian file data dengan komputer lain
·         Mempermudah dalam menggunakan perngakat hardware secara bersama-sama
·         Lebih hemat biaya
·         Efisiensi kerja menjadi meningkat
·         File-file data dapat lebih mudah dipelihara dan diproteksi

3.       Perngakat jaringan beserta funsingsinya :

·         Terminal
·         NIC (Network interface Card)
Kartu jaringan atau Lan card dipasang pada setiap komputer yang akan dihubungkan ke suatu jaringan computer.
·         Hub atau konektor
Hub adalah perangkat jaringan yang terdiri dari banyak port untuk menghubungkan Node atau titik sehingga membentuk jaringan yang saling terhubung dalam topologi star.

·         Kabel  UTP
Kabel UTP adalah kabel salah satu kabel jaringan yang sering digunakan dibandingkan kabel kabel lainya.
·         Konektor UTP (RJ-45)
Untuk menghubungkan kabel UTP diperlukan konektor RJ-45 atau sejenis jack yang bentuknya mirip dengan jack kabel telepon namun memiliki lebih banyak lubang kabel. Konektor tersebut dipasang di kedua ujung kabel dengan peralatan Tang khusus UTP.
·        Bridge
Bridge digunakan untuk menghubungan antar jaringan yang mempunyai protokol yang sama. Hasil akhirnya adalah jaringan logis tunggal. Bridge juga dapat digunakan jaringan yang mempunyai media fisik yang berbeda. Contoh jaringan yang menggunakan fiber obtik dengan jaringan yang menggunakan coacial.
·         Switch
Merupakan pengembangan dari konsep Bridge. Ada dua arsitektur dasar yang digunakan pada switch, yaitu cut-through dan store and forward. Switch cut-through mempunyai kelebihan di sisi kecepatan karena ketika sebuah paket datang, switch hanya memperhatikan alamat tujuan sebelum diteruskan ke segmen tijuannya, sedangkan switch store and forward merupakan kebalikannya. Switch ini menerima dan memeriksa seluruh isi paket sebelum meneruskannya ke tujuan dan untuk memeriksa satu paket merlukan waktu, tetapi proses ini memungkinkan switch mengetahui adanya kerusakan pada paket data dan mencegahnya agar tidak mengganggu jaringan.
·         Host
Host mengerjakan pemrosesan data untuk jaringan
·         Router
Router tidak mempunyai kemampuan untuk mempelajari, namun dapat menentukan path (alur) data antara dua jaringan yang paling eficien. Router beroperasi pada lapisan Network (lapisan ketiga OSI.). Router tidak mempedulikan topologi dan tingkat acces yang digunakan oleh jaringan.  Karena ia beroperasi pada lapisan jaringan. Ia tidak dihalangi oleh media atau protokol komunikasi. Bridge mengetahui tujuan ahir paket data, Router hanya mengetahui dimana router berikutnya ditempatkan. Ia dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan yang menggunakan protokol tingkat tinggi yang sama.
·         Brouter
Adalah yang menggabungkan teknologi bridge dan router. Bahkan secara tidak tepat seringkali disebut sebagai router multiprotokol. Walau pada kenyataannya ia lebih rumit  dari pada apa yang disebut router multiprotokol yang sebenarnya.
·         Gateway
Gateway dilengkapi dengan lapisan 6 atau 7 yang mendukung susunan protokol OSI. Ia adalah metode penyambungan jaringan ke jaringan dan jaringan ke host yang paling canggih. Gateway dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan yang mempunyai arsitektur berbeda misalnya PC berdasarkan Novell dengan jaringan SNA atau Ethernet
·         Modem
Satu-satunya saat modem tidak diperlukan adalah saat telephone tombol digunakan sebagai terminal. Semua saluran jaringan komputer lain memerlukan modem pada tiap ujungnya.
·         Radio
Transmisi data juga dilakukan melalui frekwensi radio seperti yang digunalan pada jaringan perbankan, Travel, warnet. Peralatan ini masih dikuasai perusahaan penyedia layanan public (provider) seperti PT Lintas Artha, Indosat, Telkomsel. Fren. Untuk lingkup lebih kecil tersedia werless untuk pembuatan jaringan lokal tanpa kabel. Misalnya dengan Modem ADSL yang dilengkapi dengan werless router dapat digunakan untuk jaringngan lokal pada ruangan. Hanya saja kemampuan werles tidak dapat atau terganggu oleh partisi terutama partisi beton. sehingga tidak efektif digunakan untuk jaringgan lokal suatu perusahaan dimana client computer tersebar di dalam ruangan tertutup.

4.       Ada dua tipe jaringan yaitu :
·         Peer to peer
Jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya. Dimana setiap host bisa menjadi server dan menjadi client secara bersamaan.
·         Client server
Merupakan jaringan yang hanya ada satu server dan lainya adalah client

5.       Macam-macam kabel Jaringan :
·         Kabel Coaxial
Media penyaluran atau transmitor yang bertugas menyalurkan setiap informasi telah diubah menjadi  sinya;-sinyal listrik.
·         UTP (Unshield Twisted Pair)
Adalah sebuah jenis kabel jaringan yang menggunakan bahan dasa tembaga. Yang tidak dilengkapai dengan shield internal.
·         STP (Shieled Twisted Pair)
Merupakan bagian dari kabel tembaga yang memilik dua pembungkus pada masing-masing kabelnya.
·         Kabel fiber optic
Merupakan saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau pelastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ketempat lainya.


Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

2 komentar

"Bahasa Merupakan Cerminan Keperibadian Seseorang" ~ Aurion23.blogspot.com

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 Aurion23
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top